web statistics


Apakah anda menggunakan Money Management? Please Share.

Discussion in 'Diskusi Pemula dan Tips Trading' started by marcelnyo, Mar 22, 2009.

  1. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Halo,

    Saya tidak membuat thread yang merupakan kontribusi dulu untuk sementara karena ilmu saya belum cukup banyak untuk dikontribusikan, secara umum saya mungkin bukan seseorang yang dapat melakukan cerminan diri sendiri dengan cukup baik dalam tulisan.

    Tapi saya membuat thread ini karena menyadari bahwa 80% posting yang ada dalam forum kita tercinta ini adalah hal hal demikian :

    1. Tolong berikan saya sistem yang mudah dimengerti dan profitable
    2. Berapa ya modal yang diperlukan untuk sistem ini?
    3. Bisa nggak yang dengan modal 500 ribu dapat 1 juta per bulan?
    4. Dan masih banyak lagi hal-hal demikian yang mengkhawatirkan

    Sementara tak satupun yang menyinggung tentang hal-hal mendasar dalam forex, tahukah anda bagaimana market bekerja? apa yang terjadi pada order anda ketika anda melakukan klik buy atau sell? apa yang menggerakkan harga-harga yang ada disana? atau apakah itu leverage?

    Tapi satu aspek yang sangat penting dan jarang disinggung, dan sering sekali miskonsepsi adalah money management.

    Satu kebenaran yang bisa saya katakan mengenai money management adalah anda tidak akan dapat mengumpulkan kekayaan tanpanya, ataupun anda hampir pasti akan kehilangan keuntungan yang telah didapat dengan tidak sengaja tanpa money management.

    Tujuan utama saya dalam thread ini adalah supaya anda melakukan apa yang tidak mau dilakukan oleh kebanyakan trader. Saya ingin mengkolaborasi siapa saja yang memiliki sistem money managementnya dan tolong kalau tidak keberatan dishare disini, supaya kita bisa melihat dan mereview, dan bagi mereka yang belum menggunakan money management, supaya bisa memahami apa yang dimaksud dengan money management.
     
  2. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Jika anda sudah memiliki sebuah trading system yang menghasilkan uang, lalu kenapa harus merubahnya? Saya akan memberi beberapa alasan :

    1. Money management adalah meminimalkan resiko dan memaksimalkan profit, misalnya sebuah system yang ketika trade satu kontrak menghasilkan profit 5,000 dalam setahun dengan account sebesar 10,000
      , katakanlah ini adalah system intraday trading dan signalnya memberikan 400 trade dalam setahun. Ketika anda menggunakan compounding alias bunga berbunga pada system trading yang sama, account $10,000 tadi, profit yang $5000 itu dapat menjadi $16,000 dalam setahun. Jadi bukan 50% profit yang dihasilkan, tapi 160% profit
    2. Kontrol resiko, resiko adalah loss anda dalam trading. ketika kehilangan uang, tentunya kita ingin membuat dampak nya seminimal mungkin pada account kita sehingga lubang yang kita buat tidak terlalu dalam untuk ditimbun. Kontrol resiko yang bijak meningkatkan kesempatan kita untuk melakukan kesalahan tanpa mengurangi modal trading kita secara signifikan, jadi kita bisa bertahan lebih lama dengan jumlah uang yang sama dan efek psikologis dari kekalahan tidak akan begitu mempengaruhi keputusan trading kita.
    3. Money management juga bergantung pada leverage. dua hal yang dapat menghasilkan kekayaan dalam hidup adalah leverage dan compounding. Jika digabungkan dengan baik, kedua kekuatan ini dapat menghasilkan profit yang luar biasa. Jika tidak digunakan dengan baik, keduanya akan menghasilkan loss yang menghancurkan trading account, keluarga, dan karir anda.
    4. Money management adalah kunci untuk profit dalam trading, banyak profesional menghasilkan lebih banyak uang dari sistem money management mereka daripada trading sistem mereka, dalam arti peran. Sebuah sistem trading tidak akan lengkap tanpa peraturan money management yang menyertainya.
     
  3. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Jadi, saya akan share disini sistem money management saya, yang saya gunakan dalam trading.

    Tulisan dibawah ini adalah penjelasan singkat mengenai %Risk, yang dikemukakan oleh seorang trader veteran bernama Sean Wyseman atau dikenal dengan alias FijiTrader dari James16 Group, saya hanya menyadur saja untuk membantu kita yang berada disini.

    Sistem ini dinamakan %Risk, secara sederhana begini :

    Stop loss adalah variabel, demikian juga position size, yang merupakan konstanta adalah persentase dari total modal saya yang ingin saya gunakan sebagai resiko dalam setiap trade.
    1. Tetapkan persentase resiko konstan untuk tiap trade dan kalkulasikan position size yang dibutuhkan. untuk pemula saya sarankan tidak lebih dari 1 persen tiap trade, dan lebih baik mulai dengan 0.5 atau 0.6 persen. kemudian setelah diputuskan, jangan merubah persentase resikonya.
      Misalkan account anda $5,000 dan anda memiliki account micro/mini, jika resiko anda 0.5% maka resiko anda adalah $25 per trade tidak perduli stop lossnya diletakkan dimana.
    2. Kalkulasikan position size untuk tiap trade diambil dari closed equity
      Position size diukur seperti ini
      Jika ukuran account anda $5,715 dan resiko adalah 0.5%, maka resiko dalam dollar adalah $28.05 atau dibulatkan 28.00
    3. Hitung ukuran SL berdasarkan trading system. berapa pips stop anda tidak tergantung pada money management. misalnya jika anda melakukan sebuah trade long dan support pertama berada 75 pips dibawah maka resiko anda akan menjadi 80 pips dalam trade tersebut.
      Jadi tidak ada nilai stop tetap dalam tiap trade.
      Nah contoh stop anda 33 pips dalam trade yang dihitung barusan dan account $5,715. dan anda trade pada mata uang major agar bisa dihitung dengan mudah. resiko anda adalah $28 dan stop loss size 33 pips, kita mengetahui bahwa 33 pips pada 10 cent per pip adalah resiko sebesar 3.30.
      Untuk mengetahui berapa banyak 3.30 cent 1000.00 (micro) lot yang dapat anda OP, anda harus membagi $28 dengan 3.30 yang menghasilkan angka 8.5 Jika account anda adalah micro, maka trade anda adalah sebesar 8 microlot (Dibulatkan ke bawah) untuk resiko sebesar 0.5% dari 5.715
    4. Pasang trade anda, stop loss, dan biarkan trade tersebut berjalan. Jika salah menghitung position size, maka secepatnya sesuaikan position size, atau segera close trade tersebut dengan loss berapapun dan catat bahwa ada hukuman untuk setiap kesalahan. Jika position size terlalu kecil maka seringkali anda bisa open position dengan jumlah yang kurang.

      Contoh bila anda bermaksud trade 8 Microlot dan secara tidak sengaja menekan 8 Mini Lot, dan pairnya adalah EUR/USD, maka anda kira-kira akan segera loss 16-24 dollar tergantung dari spread, banyak orang berharap bahwa trade tersebut paling tidak profit sedikit sebelum diliquid, karena mereka berharap tidak usah mengalami loss sedemikan besar dulu.

      Dalam banyak kasus, konsekuensi dalam menunggu trade ini dan mencoba untuk liquid dengan loss lebih kecil, biasanya yang terjadi adalah lossnya jadi bertambah besar. Jadi jangan lakukan ini.

      Bahkan jika ini adalah account demo, jangan coba-coba untuk membiarkannya terjadi, karena sebuah kebiasaan buruk dalam demo akan terjadi juga dalam account real, jika pikiran seperti "Ah... cuman uang demo, jadi saya biarkan saja siapa tahu bisa profit banyak jadi sejarah demoku jadi lebih keren". Tolonglah, jika anda tidak akan melakukannya dengan uang real, jangan lakukan juga dengan demo, jika tidak transisi dari demo ke real akan sangat susah, dan latihan dengan demo account tersebut tidak akan memberikan hasil yang baik.

      Jika anda tidak mampu mengikuti aturan ketika tidak ada yang dipertaruhkan (uang), sudah pasti anda tidak akan mengikuti aturan bahkan jika ada sesuatu yang dipertaruhkan, ini soal kebiasaan buruk

    5. Teruskan trading dengan persentasi yang sama pada tiap trade. Jika equity anda meningkat begitu juga dengan position size anda. Jika account anda mengalami penurunan, position size anda akan berbanding lurus dan turun berkurang dengan equity anda. Ini adalah yang saya inginkan dari sebuah system Money Management.
     
    #3 marcelnyo, Mar 23, 2009
    Last edited: Jul 2, 2009
  4. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Dan Yang terakhir, saya mohon thread ini direply dengan sharing tentang sistem money management anda, dan mohon istilah-istilah yang tidak diketahui disini coba disearch di forum, atau dengan google.

    Saya tidak ingin thread ini dipenuhi dengan komentar-komentar one liner atau junk, atau pertanyaan yang tidak pada tempatnya. Semoga thread ini bisa menjadi tempat diskusi yang intelek mengenai money management dan tidak berakhir seperti thread-thread lain yang pada akhirnya menjadi out of topic

    Terima Kasih.
     
  5. fxkampung

    fxkampung
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    367
    Likes Received:
    1
    Kalau saya pak mm nya cuma dengan menghitung ketahanan saja. mengapa? karena memang tipe trading saya pandang monitor, tidak op bila gak online. saya op dengan ketahan minimal 1000 pips, artinya order maximal 10% bila saya mempunyai 5 open posisi masing2 op maximal 2%. mungkin saya sudah termasuk hebat bisa seperti itu. saya yakin masih banyak member di sini open 20% lebih karena menganggap bahwa dengan open dibawah 10% terlalu lama untuk mencari profit. tapi ya nanti akan sadar bahwa tanpa mm yang benar kita hanya jadi hanya pecundang saja disini
     
  6. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Pak fxkampung saya kurang memahami sistem money management anda, boleh tolong dibagi dalam langkah-langkah agar yang ada disini juga dapat memahaminya?

    Terima kasih.
     
  7. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Kok lama tidak ada yang mengajukan sharingnya ya... apa mungkin money management memang tidak dianggap penting oleh member disini?

    Saya sedang berharap dapat berdiskusi dengan member-member lain mengenai cara mereka memanage equity, dengan harapan dapat mendongkrak atau memberi variasi pilihan pada sistem MM saya, untuk saat ini, yang termudah bagi saya memang %Risk.

    Saya harap member disini dapat share sistem MM martingale maupun anti-martingale secara spesifik dan jelas, saya harus menekankan benar-benar bahwa money management amatlah penting dan tanpanya, anda lebih baik tidak trading dan pergi ke Genting saja untuk berjudi daripada menghabiskan uang dalam trading forex.
     
    #7 marcelnyo, Mar 24, 2009
    Last edited: Mar 24, 2009
  8. left_trader

    left_trader
    Expand Collapse
    New Member

    Joined:
    Jan 1, 2009
    Messages:
    13
    Likes Received:
    0

    Saya baru blajar bung2 skalian.. Saya tidak tahu apakah ini bisa disebut MM atau tidak.. Saya menggunakan $3 - $5 resiko dari $100 micro account untuk tiap transaksi.. dan tetap menggunakannya/tidak berubah walaupun equity saya bertambah atau berkurang.. bagaimana menurut bung marcelo ?
     
  9. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Salam pak,

    Saya membuat thread ini bukan dengan niat untuk mengajar, tapi saya ingin memperlihatkan pada mereka yang belum menggunakan money management bahwa mungkin saja yang dikerjakan oleh mereka sekarang itu belum termasuk money management.

    Menurut saya Sistem money management itu dibagi dua kelompok besar, yaitu martingale dan anti martingale.

    Saya tidak memiliki pengalaman dengan sistem martingale, namun dengan sistem anti martingale, pertanyaan yang senantiasa muncul adalah :

    "Bagaimanakah sistem money management anda akan menguntungkan anda dan mampu mengembangkan jumlah account anda selama tahun-tahun kedepan karir trading anda?"

    "Bagian manakah yang merupakan compounding (bunga berbunga) nya?"

    "Bagaimana cara anda menaikkan/menurunkan leverage yang anda gunakan?"


    Dan dari metode anda yang mengatakan bahwa anda memiliki resiko yang merupakan variabel dari $3-$5, saya memiliki pertanyaan demikian :

    "Faktor apa saja yang menentukan anda akan menggunakan resiko $3, dan faktor apa saja yang menentuka anda akan menggunakan resiko $5, faktor apa saja yang menentukan anda akan menggunakan resiko $4 atau $3,5 atau $4,5?"


    Mungkin masih ada poin-poin yang tertinggal, tapi mohon dicoba untuk mencari jawaban dari poin-poin diatas pada sistem yang anda rancang, kemudian mohon dishare disini untuk kita perhatikan bersama-sama.

    Untuk sistem saya yang berada di halaman 1, apakah ada yang ingin ditanyakan atau dibahas, atau menurut saudara-saudari sekalian belum optimal? saya mohon masukkannya.
     
  10. silumancumi

    silumancumi
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 19, 2008
    Messages:
    483
    Likes Received:
    4
    salah satu alternatif MM:

    misal balance awal $1000, dan risiko yg dipakai adalah 4% (nantinya lot yg dibuka berdasarkan risiko ini dan jarak SL). Kemudian setelah balance bertambah karena profit maka risiko bs dipecah seperti ini: risiko balance pokok (misal) 1% dan balance profit 3%.

    Mudah2an kalimat sy ga beribet.. :)
     

Share This Page