web statistics


Kudapan Berita dan Fundamental

Discussion in 'Analisa Fundamental' started by GrandCapital_ID, Nov 13, 2017.

  1. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]


    Ancaman Kembali Trump Tumbangkan Dolar


    Dolar melemah terhadap yen pada hari Jumat setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan dia telah menginstruksikan pejabat perdagangan AS untuk mempertimbangkan tarif tambahan atas China hingga $100 miliar.


    Meningkatnya perang perdagangan AS-China telah memicu kekhawatiran terhadap dampaknya pada perdagangan dan pertumbuhan ekonomi global, serta pasar keuangan tetap sensitif terhadap setiap perkembangan baru kondisi saat ini.

    Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa tarif impor lebih lanjut sedang dipertimbangkan "mengingat pembalasan tidak adil China" dalam menanggapi langkah perdagangan AS sebelumnya yang telah mengguncang pasar global.

    Eskalasi perang dagang antara Cina dan AS ini memberi dorongan untuk yen, mata uang safe haven yang menarik permintaan saat terjadi ketidakpastian ekonomi dan sebaliknya. Dolar turun 0,2 persen terhadap yen ke level 107,15 yen, turun dari level tertinggi satu bulan di 107,49 yen pada Kamis, ketika dolar ditopang pasar saham AS yang rebound.

    Di saat yen mencatat kenaikan, euro justru melemah terhadap mata uang Jepang tersebut dan mencatat penurunan 0,1 persen menjadi 131,27 yen. Terhadap dolar, euro naik 0,1 persen menjadi $1,2252.

    Selain perang dagang antara Cina dan AS masalah perdagangan, para pelaku pasar mata uang juga akan mencari isyarat dari data pekerjaan AS dan komentar oleh Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada Jumat hari ini.
     
  2. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Dolar Terus Terpengaruh Ketegagan AS-China

    Dolar masih mencatat penurunan di sesi Senin ini, setelah turun di akhir pekan lantaran kekhawatiran atas ketegangan perdagangan AS-China dan data yang menunjukkan ekonomi AS hanya menciptakan lapangan pekerjaan paling sedikit dalam enam bulan pada bulan Maret.


    Greenback telah melemah terhadap safe-haven yen dan franc Swiss pada Jumat di tengah komentar dari China yang mengangkat kekhawatiran baru tentang perselisihan perdagangan AS-Cina.

    Pada Jumat kemarin, Cina memperingatkan bahwa pihaknya sepenuhnya siap untuk menanggapi dengan "serangan balasan sengit" langkah-langkah perdagangan baru jika Amerika Serikat menjalankan ancaman Presiden Donald Trump untuk mmeberlakukan tarif pada tambahan $100 miliar barang-barang Cina.

    Pernyataan-pernyataan yang semakin agresif dari Washington dan Beijing telah menimbulkan kekhawatiran akan perang dagang penuh yang dapat melukai pertumbuhan ekonomi global, meskipun para investor menahan harapan bahwa perundingan akan menghasilkan kompromi yang jauh lebih tidak merusak.

    Indeks dolar terhadap enam mata uang utama diperdagangakn di 90.180, turun dari level tertinggi satu bulan di 90,597 yang disentuh laporan menjelang payroll non-pertanian AS pada Jumat. Laporan payroll AS untuk Maret menunjukkan perolehan pekerjaan lebih sedikit dari yang diperkirakan dan membebani dolar pada hari Jumat.

    Laporan payroll non pertanian AS hanya menunjukkan peningkatan 103.000 pekerjaan pada bulan Maret, turun dari kenaikan 326.000 yang tercatat di Februari. Namun, titik terang adalah kenaikan penghasilan rata-rata per jam 0,3 persen pada basis bulanan, yang mendorong tingkat pertumbuhan upah tahunan meningkat.

    Terhadap yen, dolar bertahan stabil di level 106,92 yen setelah turun 0,4 persen pada hari Jumat turun dari level tertinggi lima minggu di 107,49 yen yang dicapai pada Kamis. Euro turun 0,1 persen di awal perdagangan Asia pada $1,2272, tetapi diperdagangkan di atas level terendah satu bulan yang disentuh pada hari Jumat di $1,2215.

    Sengketa perdagangan AS-Cina melebihi komentar yang umumnya optimis tentang ekonomi dari Ketua Federal Reserve Jerome Powell, yang mengatakan pada hari Jumat bahwa Fed kemungkinan akan terus menaikkan suku bunga AS untuk menjaga inflasi tetap terkendali.
     
  3. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Xi Janjikan Penurunan Tarif, Membuka Ekonomi Lebih Lanjut

    Presiden China Xi Jinping pada hari Selasa berjanji untuk lebih membuka ekonomi negara dan menurunkan tarif impor pada produk termasuk mobil, dalam pidatonya di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara China dan Amerika Serikat.


    Xi juga mengatakan China akan menaikkan batas kepemilikan asing di sektor mobil "sesegera mungkin" dan mendorong langkah-langkah yang diumumkan sebelumnya untuk membuka sektor keuangan.

    "Tahun ini, kami akan mengurangi tarif impor otomotif, dan pada saat yang sama mengurangi tarif impor untuk beberapa produk lain," kata Xi di Forum Boao Cina untuk Asia di provinsi Hainan.

    Komentar itu membuat saham AS, dolar dan saham Asia menguat. Kenaikan tersebut di tengah meningkatnya ketegangan perdagangan antara China dan Amerika Serikat setelah selama satu pekan meningkatnya ancaman tarif yang dipicu oleh frustrasi AS dengan kebijakan perdagangan dan kekayaan intelektual China.

    Xi mengatakan bahwa China akan mengambil langkah-langkah untuk memperluas secara tajam akses pasar bagi investor asing. China juga akan mempercepat pembukaan sektor asuransi bagi investor asing, kata Xi.
     
  4. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Pound Capai Level Tertinggi 2-Minggu

    Pound naik ke level tertingginya dalam dua minggu terhadap dolar pada hari Selasa setelah pejabat senior Bank of England mengatakan suku bunga Inggris harus kembali dinaikkan tanpa penundaan.


    Peguatan pound terjadi setelah anggota komite kebijakan moneter BoE Ian McCafferty mengatakan prospek kenaikan upah yang lebih cepat dan peningkatan yang kuat dalam ekonomi global menekankan perlunya biaya pinjaman yang lebih tinggi.

    Dalam sebuah wawancara dengan Reuters McCafferty mengatakan bahwa pertumbuhan upah, yang telah memperlambat inflasi selama beberapa dekade terakhir, terbukti lebih kuat dari yang diyakini rekan-rekannya di komite kebijakan moneter.

    "Kita tidak seharusnya membuang waktu ketika harus mengetatkan kebijakan secara sederhana," kata McCafferty.

    McCafferty adalah salah satu dari dua pembuat kebijakan yang memilih kenaikan suku bunga bulan lalu.

    BoE menaikkan suku untuk pertama kalinya di hampir satu dekade pada bulan November dan pada bulan Februari menunjukkan bahwa suku bunga perlu kembali dinaikkan dalam beberapa bulan mendatang, kemungkinan paling cepat di bulan Mei.

    GBP/USD naik 0,32% ke level 1,4174, kenaikann tertinggi sejak 28 Maret. Sterling juga menguat terhadap euro, dengan EUR/GBP turun 0,26% ke level 0,8695.
     
  5. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Fed Usulkan Aturan Modal Baru Pada Wall Street

    Federal Reserve pada hari Selasa mengusulkan aturan baru yang dapat memungkinkan beberapa bank besar untuk mengurangi jumlah modal yang harus mereka pegang sebagai bantalan terhadap goncangan ekonomi di masa depan.

    Usulan itu dapat membuka jalan bagi sejumlah bank besar untuk mengurangi tingkat modal mereka di masa depan, tetapi perusahaan-perusahaan terbesar di Wall Street tidak akan mendapatkan bantuan seperti itu, kata The Fed. Ini diharapkan akan mengurangi dokumen bank dan juga memudahkan regulator untuk memantau kesehatan bank, kata Randal Quarles yang merupakan pejabat tertinggi Fed yang bertanggung jawab atas peraturan.

    "Langkah-langkah pengaturan kami yang paling efektif ketika langkah tersebut sesederhana dan setransparan mungkin," ungkap Quarles, yang juga Wakil Ketua Fed untuk Pengawasan, dalam sebuah pernyataan.

    The Fed mengatakan perubahan yang diusulkan cenderung meningkatkan jumlah modal yang diperlukan untuk 30 bank terbesar yang dikenal sebagai GSIBs atau bank-bank global yang penting secara sistemik. Langkah-langkah itu harus secara perlahan mengurangi jumlah modal yang diperlukan untuk bank yang lebih kecil dari GSIBs, kata the Fed.

    "Tidak ada perusahaan yang diperkirakan perlu meningkatkan modal tambahan sebagai hasil dari proposal ini," kata The Fed dalam sebuah pernyataan.

    Bank dan pemangku kepentingan lainnya akan memiliki 60 hari untuk mengomentari proposal yang kemungkinan akan berlaku tahun depan, kata Federal Reserve. Standar modal baru ini akan menjadi reformasi pertama dari standar modal yang disusun setelah krisis keuangan satu dekade.

    Standar modal baru ini akan disebut 'penyangga tekanan modal’ dan bekerja bersama-sama dengan pemeriksaan tahunan Fed pada kesehatan bank yang dikenal sebagai 'stress test'.
     
  6. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Konflik Suriah Tekanan Bagi Dolar

    Dolar tertekan dan berosilasi di sekitar level 89,20, kisaran terendah minggu ini, pada perdagangan Kamis di pasar Asia akibat ancaman aksi militer AS di Suriah memperdalam konflik geopolitik.


    Pasar mata uang Asia didominasi oleh ketegangan geopolitik yang meningkat di Timur Tengah yang mungkin melibatkan negara adikuasa dunia, setelah sengketa perdagangan Sino-AS yang dapat menjadi perang perdagangan global.

    Indeks dolar AS yang mencatat perdagangan greenback terhadap enam mata uang utama terakhir berada di level 89,27, naik 0,06%. Dolar bahkan jatuh ke level 89,09 semalam, tetapi secara bertahap pulih pada Kamis pagi.

    Laporan bahwa Presiden AS Donald Trump mengancam akan meluncurkan rudal di Suriah menjadi fokus semalam di Asia dan menghambat risk appetite investor, membuat aset safe haven seperti obligasi AS dan yen yang anti-risiko lebih tinggi. Kemudian pada hari itu, Trump dilaporkan tidak menyelesaikan rencana setelah bertemu dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis. Perubahan perkembangan krisis Suriah meningkatkan sentimen pasar pada Kamis pagi.

    Pasangan USD/JPY naik tipis 0,09% ke level 106,88. Risk aversion membuat mata uang "safe-haven" yen semalam menguat setelah laporan ancaman aksi militer Trump di Suriah menjadi pusat perhatian. Tetapi karena ancaman itu tidak segera terjadi, kembali menghidupkan risk appetite dan greenback berangsur-angsur pulih.

    Di tempat lain, pasangan AUD/USD turun 0,01% diperdagangkan pada level 0,7754. Terkait sentiment, Aussie melemah di pagi hari atas pulihnya dolar.

    Di China, The People`s Bank of China menetapkan nilai tukar yuan terhadap dolar di 6,2834 brbandingk 6,2911 di hari sebelumnya. Pasangan USD/CNY naik 0,08% diperdagangkan pada level 6,2762.

    Sementara itu, investor masih menunggu perkembangan lebih lanjut masalah perdagangan antara dua ekonomi terbesar di dunia sebagai petunjuk lebih lanjut. Pernyataan Presiden China Xi Jinping di Forum Boao pada hari Selasa dipilih dengan hati-hati dan bernada netral. Meskipun para pelaku pasar merasa lega pada hari Selasa, sengketa perdagangan Sino-AS masih terjadi dan diperkirakan terus meningkat.
     
  7. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Ketegangan Suriah Mereda Tak Ubah Arah Dolar

    Dolar tergelincir di Asia di sesi Jumat pagi karena prospek perdagangan AS masih belum menentu, meski risk appetite meningkat di tengah meredanya kekhawatiran geopolitik atas Suriah. Pasar juga memantau laporan neraca perdagangan China yang dapat menjadi pengarah untuk aset dan risiko dan petunjuk untuk hubungan perdagangan Tiongkok-AS.


    Indeks dolar AS terhadap enam pasangan mata uang utama terakhir berada di level 89,47, turun 0,02%. Meski sempat naik ke kisaran 89,60 semalam, tetapi indeks dollar meluncur lagi di pagi hari.

    Trump menekan ketegangan geopolitik di Timur Tengah setelah menyarankan tindakan militer di Suriah mungkin tidak akan segera terjadi, sehingga meningkatkan sentimen pasar semalam di Asia.

    Trump mengatakan dia mempertimbangkan untuk bergabung kembali dengan Trans-Pacific Partnership (TPP), perjanjian yang dia tarik setelah dia menjabat. Ini menandakan pergeseran dalam nada administrasi Trump dari yang hawkish seperti yang dikenal memeluk proteksionisme untuk menggelorakan "America First".

    Trump juga mengatakan bahwa AS sedang bergerak ke arah penyelesaian sengketa perdagangan dan bahwa China dan AS mungkin tidak akan mengenakan tarif baru satu sama lain.

    Pasangan USD/JPY naik tipis 0,07% ke level 107,38. Rebound dalam sentimen pasar berarti lebih sedikit permintaan untuk aset safe haven seperti yen.

    Sementara itu, AUD/USD naik 0,28% diperdagangkan pada level 0,7777. Aussie tetap bullish menjelang data China. Sebagai mitra dagang terbesar Australia, Cina melaporkan lebih banyak impor bijih tembaga dan besi, yang merupakan ekspor utama Australia, dapat mengirim Aussie yang terkait dengan sentimen lebih tinggi, dan sebaliknya.
     
  8. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Janji Jepang dan Cina Terkait Ketegangan Perdagangan

    Menteri Luar Negeri Jepang dan Cina memulai pembicaraan ekonomi tingkat tinggi pertama bilateral dalam delapan tahun pada hari Senin, pada saat tegangnya hubungan perdagangan dengan Amerika Serikat untuk kedua negara.


    Kekhawatiran mengenai ketegangan perdagangan antara China dan Amerika Serikat tumbuh di mana kedua negara saling mengancam dengan tarifnya masing-masing. Jepang muncul untuk mengkritisi dari Presiden AS Donald Trump pada perdagangan dan terkena imbas dengan tarif pada baja dan aluminium, tetapi Jepang belum mengancam tarif perlawanan.

    Diplomat tinggi China, Penasihat Negara Wang Yi, adalah menteri luar negeri pertama China yang mengunjungi Jepang dalam konteks bilateral dalam sembilan tahun. Dia dan Kono membahas berbagai masalah, termasuk Korea Utara.

    Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dan Presiden China Xi Jinping berjanji tahun lalu untuk mengulang hubungan yang kadang-kadang sensitif antara dua kekuatan ekonomi terbesar di Asia tersebut.

    Wang, yang menghabiskan delapan tahun di Jepang sebagai diplomat termasuk tiga sebagai duta besar, mengatakan perubahan iklim ekonomi memberikan peluang baru.

    Pasar keuangan telah bergolak baru-baru ini karena kekhawatiran bahwa perang perdagangan AS-Cina yang penuh dapat menghancurkan perdagangan global dan pertumbuhan ekonomi, dan isu-isu ini cenderung menjadi agenda yang tinggi, bersama dengan kerja sama Jepang pada proyek di China.

    Pejabat Jepang juga ingin menghindari gesekan perdagangan dengan Amerika Serikat, dengan masalah yang akan dibahas dalam pembicaraan Abe dan Trump akhir pekan ini.
     
  9. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    Serangan AS Di Syria, Dolar Tumbang

    Dolar penurunan yang meluas terhadap mata uang mayoritas pada hari Senin di tengah harapan bahwa serangan rudal yang dipimpin AS di Suriah pada hari Jumat tidak akan mengarah pada eskalasi yang lebih luas dalam konflik di sana.


    Indeks dolar AS, yang mengukur kekuatan greenback terhadap pasangan enam mata uang mayoritas, turun 0,3% ke level 89,24.
    Sentimen pasar didukung oleh bantuan bahwa serangan rudal terhadap Suriah tidak mendorong tanggapan dari Rusia, sekutu utama Suriah, tetapi pasar tetap waspada terhadap tanda-tanda eskalasi militer segera atas konflik tersebut.

    Para pelaku pasar juga masih berhati-hati karena AS bersiap mengumumkan babak baru sanksi ekonomi terhadap Rusia terkait dengan keterlibatannya dalam penggunaan senjata kimia Suriah.

    Serangan militer itu dilakukan sebagai tanggapan atas dugaan serangan senjata kimia terhadap warga sipil di Damaskus dan merupakan intervensi terbesar oleh negara-negara Barat terhadap Presiden Suriah Bashar al-Assad.

    Dolar melemah terhadap yen, dengan USD/JPY turun 0,21% ke level 107,17. Safe haven yen sering dicari pada saat gejolak pasar dan ketegangan politik menggeranyangi pasar.

    Euro naik ke level atas harian terhadap dolar, dengan EUR/USD naik 0,32% ke level 1,2368. Pound naik ke level tertinggi baru sepuluh minggu, dengan GBP/USD naik 0,51% ke level 1,4310 di tengah ekspektasi untuk kenaikan suku bunga oleh Bank Inggris segera bulan depan.
     
  10. GrandCapital_ID

    GrandCapital_ID
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Nov 13, 2017
    Messages:
    846
    Likes Received:
    0
    [​IMG]

    GDP China Stabil Saham Asia Menguat

    Saham Asia naik meski relatif ringan di sesi Selasa menyusul data ekonomi China menunjukkan pertumbuhan yang sedikit lebih cepat dari perkiraan pada kuartal pertama.


    Perekonomian Cina tumbuh 6,8 persen di kuartal pertama 2018 dari tahun sebelumnya, data resmi menunjukkan pada Selasa, tidak berubah dari kuartal sebelumnya. Tetapi data terpisah menunjukkan produksi industri di Maret meleset dari ekspektasi dan pertumbuhan investasi aset tetap kuartal pertama melambat, sehingga menekan kenaikan pasar ekuitas.

    Indeks MSCI saham Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,05 persen. Saham Australia naik 0,5 persen, Hang Seng Hong Kong naik 0,15 persen dan Shanghai naik 0,15 persen. namun, KOSPI Korea Selatan merosot 0,1 persen dan Nikkei Jepang datar.

    Sementara serangan rudal AS Sabtu lalu yang merpuakan intervensi terbesar oleh negara-negara Barat terhadap Suriah, meningkatkan risk appetite di kalangan pasar karena spekulasi bahwa serangan itu tidak akan menyebabkan konflik berkepanjangan.

    Pada sesi Senin, indeks Dow naik 0,87 persen dan S&P 500 naik 0,8 persen, dengan dorongan terbesar berasal dari sektor teknologi dan kesehatan karena investor optimis terhadap laporan pendapatan perusahaan dan tampak kurang khawatir tentang serangan rudal yang dipimpin AS di Suriah.

    Perusahaan di S&P 500 diperkirakan akan melaporkan kenaikan 18,6 persen laba kuartal pertama, rata-rata, kenaikan terbesar dalam tujuh tahun belakangan ini, menurut data Thomson Reuters.
     

Share This Page