web statistics


Mau Jadi Trader? Bacaan Wajib!

Discussion in 'Diskusi Pemula dan Tips Trading' started by marcelnyo, Mar 1, 2009.

  1. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Saya mengambil beberapa wacana dari para mentor saya, yang saya harap bisa berguna dalam memulai langkah anda di pekerjaan yang beresiko sangat tinggi ini, Karena fakta bahwa 95% trader gagal karena ingin cepat kaya, saya ingin membagikan kata-kata yang mengembalikan kita pada kenyataan karena hidup tidak semudah yang kita bayangkan.

    Halo

    Mengetahui tentang trading dalam berbagai tingkatan sangatlah penting, dapatkah anda membayangkan seorang dokter yang mendapatkan gelar spesialisnya melalui kursus dua hari pada akhir minggu? saya rasa tidak!

    Sayangnya, banyak orang bahkan tidak pernah memiliki sudut pandang yang demikian. Mereka juga tidak pernah mempertimbangkan biaya pendidikan yang mereka butuhkan untuk menjadi seorang dokter. (mau dokter hewan, dokter gigi, dokter bedah, dsb) ataupun pekerjaan professional lainnya. Kenyataannya, hampir semua tidak mempertimbangkan biaya untuk sebuah diploma sebagai biaya untuk pendidikan trading mereka.

    Jadi inilah sedikit prespektif :

    Saat ini, biaya kuliah untuk satu mata kuliah sarjana di alma-mater saya, UK Petra, Surabaya, adalah 450 ribu untuk 3 SKS, untuk mata kuliah S2, bahkan bisa dua kali lipatnya, nah, 450 ribu itu saja bisa sesuatu yang sangat luas cakupannya seperti dasar telekomunikasi, ekonomi makro, atau sejarah literatur.

    Intinya, ini adalah mata kuliah DASAR yang mungkin tidak ada hubungannya dengan jurusan anda (bidang yang ingin anda pelajari)... TAPI anda harus menyelesaikannnya untuk mendapatkan gelar sarjana anda. Pikirkan saja : 450 ribu untuk satu mata kuliah dasar. Baru satu, tolong diingat anda harus menyelesaikan 20 atau 30 mata kuliah prasyarat setelahnya.

    Hitung saja :

    Minimalnya, anda akan menghabiskan 20 juta lebih untuk mata kuliah yang hanya akan "Mengembangkan wawasan"... yang membuat anda menjadi orang yang lebih baik, untuk mendapatkan gelar anda, yang membuat anda terkualifikasi untuk bekerja sebagai junior dalam sebuah perusahaan. paling tidak anda akan menghabiskan 20 juta lebih lagi, nah itu sudah 40 juta hanya untuk biaya kelas. setelah itu, tambahkan lagi 5 juta untuk biaya buku, fotokopi, dan Tugas Akhir / Skripsi anda.

    Nah... Mereka yang telah sukses sebagai professional tentunya tahu biaya ini, selain mereka harus membayar biaya kuliah sarjana, ada lagi bonus tambahan biaya untuk kuliah S2 yang membuat mereka lebih kompeten dalam bidang mereka.

    Biaya yang harus dihabiskan baik dalam uang DAN waktu. Tapi menurut saya mereka tidak mengeluh menghabiskan betapa banyak biaya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kenapa? Karena mereka telah berkomitmen sejak hari pertama mereka memutuskan untuk menjadi professional. Harus!

    Jadi kini pertanyaannya adalah, seberapa besar komitmen anda? atau tanyalah pada diri anda sendiri, "seberapa komitmenkah saya?"

    Tentunya, jawabannya adalah hal yang pribadi. Tapi menarik untuk melihat beberapa orang, bahkan banyak sekali, yang berharap dapat menjadi seorang trader professional dalam beberapa minggu atau bulan, dan hanya setelah satu kursus kilat.

    Jika digabungkan dalam konteks yang diberikan diatas, apakah ada sedikitpun pikiran mereka yang masuk akal?

    Mari bicarakan lebih lanjut. Herannya, banyak yang memasuki bisnis ini lebih rela menghabiskan 5 juta account untuk trading daripada menghabiskan 5 juta mereka untuk pendidikan terlebih dahulu. Ini terjadi setiap hari. Dan ini adalah orang yang sama yang mengeluh tentang menghabiskan 1 atau 2 juta untuk internet selama mereka belajar, berpikir bahwa latihan itu "Mahal dan tidak menghasilkan apa-apa".

    Untuk menjadi professional dalam apapun juga membutuhkan waktu dan uang (atau dengan cara lain "waktu, usaha, dan tenaga"). Dan masing-masing dari kita dapat memilih apakah sebuah profesi layak untuk diberikan usaha begitu rupa. Betul sekali bahwa tidak ada orang lain yang dapat melakukannya untuk kita.

    Jika anda berharap untuk menjadi seorang trader professional tanpa mengeluarkan keringat, anda sedang menipu diri anda sendiri. Tidak ada makan siang gratis!

    Sejujurnya, saya tidak tahu mengapa ada orang yang berpikir trading bukanlah profesi yang membutuhkan waktu, usaha dan tenaga untuk dipelajari. Pendidikan kuliah saya menghabiskan banyak biaya dan saya tidak berpikir trading akan berbeda sedikitpun. Dan, sementara mengeluh mengenai biaya kuliah mungkin dapat dibenarkan dalam beberapa kesempatan (siapa sih yang mau menghabiskan 450ribu dan duduk satu semester untuk mendengarkan "Perkenalan pada Seni dan Literatur"), keluhan ini tidak ada habisnya. Seperti para professional lainnya, saya memutuskan bahwa saya menginginkan gelar-gelar sarjana tersebut dan akan melakukan apapun yang perlu dilakukan, ini adalah investasi terhadap diri saya sendiri.

    Penutup :

    Hari-hari saya dalam trading telah mengajarkan saya banyak tentang orang-orang dan harapan mereka (yang kadang tidak rasional). Dan hal ini, setelah beberapa tahun telah membuahkan pertanyaan yang saya ingin anda tanyakan pada diri anda masing-masing jika anda ingin berhasil dalam bisnis ini :

    Seberapa besar komitmen anda? Apa yang sanggup anda lakukan untuk memperoleh tujuan anda?

    Untungnya, anda mungkin tidak harus menghabiskan empat ataupun delapan tahun untuk memperoleh gelar sarjana ataupun pasca sarjana dalam trading. Tapi anda mungkin harus mengerti bahwa ada "Cost".

    Begitulah.

    Jika anda tersinggung dengan posting ini, Saya menyesal sekali. Ketahuilah bahwa saya berpikir bahwa ada banyak sekali informasi yang keliru tentang trading dan saya jarang sekali mendengar seorang pun di internet di website manapun mengatakannya seperti dikatakan oleh mentor saya. Mungkin mereka takut jika orang mengetahui bahwa sukses didalam trading, seperti juga sukses dalam bidang apapun, membutuhkan kerja keras dan tidak ada jaminan bahwa anda akan berhasil, orang-orang bahkan tidak akan mulai trading sama sekali.

    Saya rasa kita akan tahu.

    Semoga sukses, Berpikirlah Besar.

    Cheers.

    Disadur dari James16 Group, jika ingin link threadnya, silakan pm saya karena saya tidak ingin dianggap mengiklankan forum tetangga.
    Informasi yang saya berikan semuanya menuju pada hal gratis dan tidak dipungut biaya baik sekarang maupun di masa depan, semoga tidak ada yang berpikiran sebaliknya.

    NB : Tolong kalau diquote, sebagian besar tulisan saya dihapus supaya tidak terlalu panjang, kan di halaman pertama sudah ada. Terimakasih.
     
    #1 marcelnyo, Mar 1, 2009
    Last edited: Jul 7, 2009
  2. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Berikut ini adalah Sharing lain dari kata-kata mentor saya (Jim Herdnon).

    Prasyarat Minimum

    Jika anda baru mulai trading, atau anda memiliki kesulitan menemukan sukses yang konsisten, anda harus mengerti sesuatu. Ini bukanlah sebuah "Permainan" dan bukanlah sebuah cara untuk menjadi kaya dengan cepat. Saya rasa ada pengecualian pada orang yang memiliki banyak sekali uang untuk ditradingkan, tapi jika anda memulai pendekatan pada bisnis tanpa rencana bisnis dan kemauan untuk melaksanakannya, anda hampir pasti akan gagal. Seorang dokter menghabiskan sepuluh tahun lebih dalam proses blajar yang menjemukan untuk menjadi sukses dan menghasilkan ratusan juta dalam setahun; siapapun yang berpikir bahwa pundi emas mereka dalam bisnis akan didapatkan dalam beberapa bulan saja, mereka akan disadarkan dengan cara yang sangat keras oleh market.

    Dibawah ini adalah Prasyarat Minimum (menurut saya) untuk mengetahui apakah bisnis ini cocok untuk anda tanpa kehilangan seluruh harta dan milik anda.
    Dengan mengikuti rekomendasi ini, anda akan memperlakukan trading seperti bisnis dan anda akan belajar dan memupuk rasa percaya diri. Saya rasa ini sangatlah penting, saya akan membuat pernyataan berikut :

    Jika anda memulai bisnis ini tanpa akal sehat, anda tidak dapat menyalahkan siapapun ketika anda kehilangan seluruh investasi anda. Tidak ada alasan untuk kehilangan uang anda ketika belajar trading. Sebuah rencana bisnis yang matang, akal sehat, dan kerja keras diperlukan untuk setiap orang yang menginginkan kesempatan untuk sukses. Banyak orang memenuhi prasyarat diatas dan tetap juga gagal, tapi tidak berarti anda harus melihat rekening bank anda menjadi nol.

    Prasyarat Minimum

    Bagaimana pun cara nya anda trading, minimal anda harus :

    1. Trading di Time Frame Daily dan Weekly, Anda hanya melakukan Demo-trade selama 3 Bulan Profit berturut-turut. Anda tidak melanjutkan ke langkah beru=ikutnya sebelum berhasil.
    2. Buka account dengan balance sejumlah setengah dari investasi yang ingin anda investasikan untuk trading, dan lanjutkan trading pada Timeframe Daily dan Weekly sampai anda minimal profit 3 Bulan berturut-turut. Setiap satu trade manapun yang anda lakukan hanya boleh memiliki tingkat resiko 2% dari jumlah balance anda. Jangan lanjutkan ke langkah berikutnya sebelum selesai.
    3. Invest seluruh modal anda dan teruslah trading di Timeframe daily dan Weekly sampai anda dapat membangun account anda secara konsisten menambahkan equitynya selama paling tidak 6 bulan. Setiap satu trade manapun yang anda lakukan hanya boleh memiliki tingkat resiko 2% hingga 3 persen dari jumlah balance anda.
    4. Jika dan ketika anda memutuskan untuk melakukan intraday trading dalam Time frame yang lebih kecil dari Daily dan tidak menyelesaikan langkah langkah diatas terlebih dahulu, anda hampir pasti akan menghadapi masalah besar. Jika anda mengikuti sebuah sistem ataupun trading style manapun dan tidak mengikuti syarat-syarat ini, paling tidak proses demonya, artinya anda tidak memperlakukan trading sebagai bisnis dan anda tidak dapat menyalahkan siapapun selain diri sendiri ketika kehilangan uang anda.
    5. Jika anda mengalami loss hingga 30 atau 35 persen dari jumlah balance anda, berhentilah trading, titik. Anda kembali lagi ke demo dan temukan apa yang keliru. Selama proses demo berlangsung, kumpulkan lagi modal anda dan kembalikan dana anda ke titik semula (bukan dengan jalur trading). Jangan kembali lagi trading live account sebelum demo anda menunjukkan apa yang salah dan dana anda sudah kembali ke titik semula (dengan cara apapun). Walau memerlukan 1 ataupun 6 bulan, tidak jadi soal. Anda harus mengikuti pendekatan ini jika anda tidak ingin terus-terusan mengalami margin call dari satu account ke account lainnya.

    Tujuan anda seharusnya begini. Belajar, belajar dan belajar lagi dan jangan lakukan hal bodoh dalam proses belajar tersebut. Tujuan akhir dari setiap trader adalah membangun sebuah account hingga level dimana hanya sedikt trade dalam satu bulan menghasilkan penghasilan yang luar biasa. Jarang sekali orang sampai ke titik ini karena mereka tidak memperlakukannya sebagai bisnis. Mereka melakukan hal bodoh yang tidak mereka lakukan dalam bidang lain dalam hidup mereka dan hal bodoh itu terjadi semata-mata karena pikiran tentang uang yang dapat dihasilkan.

    Jika ternyata membutuhkan beberapa tahun, bahkan 5 hingga 10 tahun untuk mencapai level pendapatan luar biasa ini, bukankah perjuangan itu pantas? Pilihannya ada pada diri anda. Dengan cara ini, anda memiliki cara untuk mengetahui apakah bisnis ini untuk anda, dan tidak mengeringkan kantong anda dalam proses belajar anda.

    Terakhir kata-kata dari mentor saya yang saya selalu ingat adalah :

    Anda tidak harus melewat neraka untuk belajar trading

    Semoga Bermanfaat!

    Cheers.


    Disadur dari James16 Group, jika ingin link threadnya, silakan pm saya karena saya tidak ingin dianggap mengiklankan forum tetangga.
    Informasi yang saya berikan semuanya menuju pada hal gratis dan tidak dipungut biaya baik sekarang maupun di masa depan, semoga tidak ada yang berpikiran sebaliknya.


    NB : Tolong kalau diquote, sebagian besar tulisan saya dihapus supaya tidak terlalu panjang, kan di halaman pertama sudah ada. Terimakasih.
     
    #2 marcelnyo, Mar 1, 2009
    Last edited: Jul 7, 2009
  3. fxkampung

    fxkampung
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Dec 24, 2008
    Messages:
    367
    Likes Received:
    1
    Wah wah luar biasa, mudah-mudahan dengan keiklasan anda bisa bermanfaat untuk kita semua, ini membuka wawasan berpikir saya yang telah menghabiskan ribuan dolar di forex, ditunggu pencerahan selanjutnya.
     
  4. king5five

    king5five
    Expand Collapse
    New Member

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    101
    Likes Received:
    0
    Pengetahuan yang sangat inspiratif.:)
    Bisa tolong dijelaskan lebih lanjut lagi, bagaimana teknik yang baik dalam trading menggunakan timeframe daily & weeklynya?;)
    thanks.
     
  5. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Sebenarnya sistem apapun bisa, hanya kita tingkatkan TFnya menjadi daily, jadi sebaiknya cari sistem yang bisa bekerja di berbagai pair sehingga kita bisa menemukan kesempatan trading lebih sering walau menggunakan TF besar :)

    Saya pribadi menggunakan S/R dan pola candle saja :) itupun masih belum cukup lengkap sehingga belum dapat dikatakan sebuah sistem, untuk menjelaskannya, saya rasa ada diluar scope thread ini :D. karena tujuan threadnya sejak awal adalah untuk menjauhkan para pemula dari kehilangan uang sebelum benar-benar memiliki kemampuan untuk trading dengan profit konsisten.

    Saya yakin disini semuanya telah memiliki metode favorit sendiri, yang dianjurkan disini adalah untuk menjauhi scalping karena ini adalah pembunuh nomer satu trader newbie. Saya sendiri tidak mencoba mengatakan metode trading saya yang terbaik, malah masih jauh daripada para master yang ada di forum ini.

    Timeframe daily menurut saya (dari yang tersirat disampaikan oleh mentor saya) dianjurkan untuk pemula karena trade yang dilakukan umumnya menggunakan pending order, sehingga melepaskan emosi dari trade tersebut karena tidak mungkin ditunggu sampai 2 hari didepan layar monitor, selain itu metode saya, yaitu pola candle, makin besar timeframenya, makin akurat hasil dari pola yang terbentuk.

    Cheers.
     
    #5 marcelnyo, Mar 2, 2009
    Last edited: Mar 2, 2009
  6. king5five

    king5five
    Expand Collapse
    New Member

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    101
    Likes Received:
    0
    Timeframe daily dengan menggunakan pending order y. Bisa tolong diberi info dimana saya bisa mempelajari teknik tersebut?
    Sepertinya tekniknya menarik, karena saya sendiri blm pernah mencoba di TF daily pakai pola candle. Dan saya juga termasuk trader newbie yg baru mengenal forex.:) thanks.
     
  7. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Saya menggunakan pola-pola candle dari buku steve nison, dan juga dvd steve nison, saya gabungkan dengan S/R untuk mendapatkan pola yang tepat di tempat yang tepat, tidak akan rugi setelah membaca seri-seri buku candlestick steve nison, dan menonton dvdnya, sekarang saya lebih suka trading tanpa indikator sama sekali karena saya mencoba mengerti apa yang dikatakan price pada saya :)

    Semoga bisa membantu.

    Cheers.
     
  8. king5five

    king5five
    Expand Collapse
    New Member

    Joined:
    Dec 12, 2008
    Messages:
    101
    Likes Received:
    0
    thanks infonya bro marcelnyo.:)
    Di thread bro Alex yg candle stick & trendline ada link download videonya Steve Nison y.
     
  9. fxdriver

    fxdriver
    Expand Collapse
    New Member

    Joined:
    Feb 16, 2009
    Messages:
    50
    Likes Received:
    0
    Thread ini memberikan gambaran sesungguhnya tentang bisnis forex.Bisnis apapun yang dilakukan asal asalan tentu tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal,bahkan mungkin kerugian yang pasti datang.Terimakasih bro marcellyo udah sharing yang menurut saya salah satu kunci menuju kesuksesan bisnis.
     
  10. marcelnyo

    marcelnyo
    Expand Collapse
    Member

    Joined:
    Oct 25, 2008
    Messages:
    326
    Likes Received:
    0
    Saya mencoba mengurangi jumlah trader indonesia yang menghabiskan uangnya karena berpikir forex adalah bisnis "easy money" dan modal kecil saja bisa digunakan oleh seorang pemula untuk memulai.

    Terus terang ketika membaca thread dimana dikatakan seorang bunuh diri setelah membunuh seisi rumahnya, saya sungguh sangat prihatin, hati saya terenyuh melihat apa yang dapat dilakukan kenyataan market pada anda.

    Karenanya saya berusaha membantu disini dengan menyajikan kenyataan sejak awalnya, semoga bisa menambah wawasan, teman2nya yang berniat mulai trading forex, kalau bisa di ajak baca sini dulu ya ^^ siapa tahu anda menyelamatkan hidup mereka :D

    Cheers.

    Marcel
     

Share This Page