web statistics

Analisa Teknikal FXStreet Indonesia

Discussion in 'Analisa Teknikal' started by FXStreetIndonesia, Nov 3, 2014.

  1. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Pantau Pergerakan Berkelanjutan Di Bawah $1800 Di Tengah Teknis Bearish

    • Harga emas sedang menguji sisi bawahnya, dengan lebih banyak penurunan sebentar lagi.
    • Dolar AS bertahan lebih kuat pada sesi ini di tengah kembalinya mood risk-off.
    • Penjual kemungkinan akan tetap memegang kendali, seperti yang ditunjukkan oleh grafik harian.
    Harga emas sekali lagi mengalami pergerakan dua arah yang baik pada hari Selasa, awalnya reli setinggi $1825 sebelum berbalik tajam menjadi menetap di sekitar $1810. Treasury AS 10-tahun merosot ke level terendah dalam terendah lima bulan di tengah kekhawatiran pertumbuhan ekonomi global, mengingat penyebaran cepat varian Delta covid. Pada awal perdagangan Amerika, harga emas mengalami penurunan tajam setelah menghadapi penolakan di Moving Average (DMA) 200-Harian yang kritis di $1825. Pemantulan dalam imbal hasil AS mendorong greenback lebih tinggi di tengah optimisme stimulus sementara sentimen risiko membaik di Wall Street setelah orang terkaya di dunia, Jeff Bezos berhasil menyelesaikan perjalanan singkat ke luar angkasa. Namun, mundurnya dolar di tengah aliran risk-on membantu harga emas pulih menuju penutupan.

    Menjelang pemungutan suara Senat Demokrat pada paket infrastruktur AS, dolar AS telah menangkap gelombang tawaran beli baru sementara pasar menjadi gugup sekali lagi, karena kekhawatiran atas ketegangan Delta covid terus mengintai. Harga emas, oleh karena itu, tetap menurun menuju $1800. Meskipun penurunan tersebut tetap dibatasi oleh penurunan suku bunga AS di tengah suasana hati-hati. Selanjutnya, harga emas tetap terpapar pada risiko penurunan, karena kekhawatiran covid dan ketegangan AS-Tiongkok membayangi latar belakang, mendukung dolar safe-haven. Sentimen pasar yang lebih luas akan diikuti dengan cermat di tengah data AS yang langka dan menjelang pemungutan suara RUU infrastruktur Presiden Joe Biden.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  2. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Analisis GBP/USD: Belum Keluar Dari Kesulitan, Bull Bergantung Pada Dinamika Harga USD

    • GBP/USD mengalami beberapa pergerakan short-covering pada hari Rabu di tengah pullback USD yang moderat.
    • Pemulihan lebih lanjut dalam sentimen risiko mendorong aksi ambil untung di sekitar safe-haven USD.
    • Bulls mengabaikan kegelisahan COVID-19, perkembangan Brexit terbaru seputar Protokol Irlandia Utara.
    Pasangan GBP/USD melakukan pemantulan intraday yang solid lebih dari 130 pips dari level di bawah 1,3600 pada hari Selasa dan menghentikan penurunan tajam baru-baru ini ke level terendah sejak bulan Februari. Ini menandai hari pertama pergerakan positif dalam lima sesi perdagangan sebelumnya dan disponsori oleh mundurnya dolar AS. Investor tampaknya mengesampingkan kegelisahan virus baru, yang terbukti dari pemulihan lebih lanjut dalam sentimen risiko global. Ini, pada gilirannya, mendorong beberapa aksi ambil untung di sekitar safe-haven dolar AS dan memberikan dorongan kuat untuk mata uang utama.

    Bulls tampaknya agak tidak terpengaruh oleh kebangkitan infeksi COVID-19 di Inggris dan kebuntuan UE-Inggris atas Protokol Irlandia Utara dari kesepakatan Brexit. Patut dilaporkan bahwa kasus baru telah meningkat lebih dari 50.000 per hari di Inggris dan ratusan ribu warga Inggris diminta untuk mengasingkan diri selama 10 hari. Di front Brexit, kepala negosiator Brexit Inggris, David Frost, menuntut agar Uni Eropa setuju untuk menulis ulang kesepakatan yang mengawasi perdagangan bermasalah pasca-Brexit yang melibatkan Irlandia Utara.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  3. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: Potensi Bearish XAU/USD Tetap Utuh, Fokus Pada Penutupan Mingguan

    • Harga emas ditetapkan untuk penurunan mingguan pertama dalam lima di tengah penguatan dolar AS.
    • Bull emas secara singkat diuntungkan dari ECB yang dovish, optimisme stimulus AS pada hari Kamis.
    • Bias bearish tetap utuh untuk emas terlepas dari pemantulan Kamis.
    Harga emas melakukan pemantulan yang layak dari posisi terendah delapan hari di $1793 pada hari Kamis dan mengakhiri hari di zona hijau di $1807, menghentikan tren turun dua hari dari level $1825. Meskipun mengalami pergerakan dua arah pada hari lain, harga emas bertahan dalam kisaran perdagangannya baru-baru ini di sekitar $1800, dengan sisi atas dibatasi oleh penguatan dolar AS secara luas. Varian covid Delta yang meningkat memicu kekhawatiran atas pemulihan ekonomi global dan mendukung permintaan safe-haven untuk greenback. Data Klaim Pengangguran AS yang lebih lemah juga menambah kekhawatiran ekonomi dan mendukung dolar. Sementara itu, imbal hasil obligasi AS yang lebih rendah dan keputusan kebijakan moneter Bank Sentral Eropa (ECB) yang dovish membantu meredam penurunan harga emas. Optimisme stimulus AS, dengan paket belanja infrastruktur kemungkinan akan tercapai pada hari Senin, menempatkan harga dasar di bawah logam kuning.

    Penjual emas kembali beraksi pada hari perdagangan terakhir minggu ini, menanggung beban dari suasana pasar yang suram, yang mendukung kenaikan dolar. Perpanjangan lockdown covid di Korea Selatan dan Australia mengintensifkan kekhawatiran ekonomi, menakuti investor. Kemajuan pemulihan yang terlambat dalam imbal hasil AS juga membebani emas yang tidak berimbal hasil. Pedagang menunggu isyarat baru pada pemulihan ekonomi global dari rilis mendatang dari Inggris, Zona Euro dan laporan IMP Manufaktur dan Jasa Awal AS. Angka aktivitas bisnis akan berdampak signifikan terhadap sentimen risiko yang pada gilirannya mempengaruhi arah harga emas. Namun, dengan meningkatnya ketegangan covid, angka yang lebih rendah diperkirakan, yang dapat meningkatkan permintaan aset dolar dan membebani harga emas secara negatif. Pasar juga bisa menjadi berhati-hati menjelang pertemuan FOMC minggu depan.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  4. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Kemungkinan Akan Perpanjang Kisaran Dekat $1800 Jelang FOMC

    • Emas mencatat kerugian mingguan pertama dalam lima sebelumnya tetapi menunjukkan ketahanan di dekat area $1790.
    • Kegelisahan COVID-19 berdampak pada sentimen risiko global dan menguntungkan komoditas safe-haven.
    • Fokus akan tetap terpaku pada pertemuan kebijakan moneter FOMC mendatang, mulai Selasa ini.
    Emas turun ke posisi terendah lebih dari dua minggu, di sekitar wilayah $1790 pada hari Jumat, meskipun menunjukkan beberapa ketahanan di level yang lebih rendah dan akhirnya diselesaikan dengan penurunan moderat. Dolar AS naik pada pemantulan yang cukup baik hari sebelumnya dari posisi terendah mingguan dan didukung oleh kenaikan imbal hasil obligasi Treasury AS. Hal ini, pada gilirannya, dilihat sebagai faktor penting yang melemahkan permintaan untuk komoditas berdenominasi dolar. Terlepas dari ini, nada yang umumnya positif di pasar ekuitas selanjutnya bertindak sebagai rintangan untuk logam mulia safe-haven.

    Terlepas dari faktor negatif, penurunan tidak memiliki tindak lanjut penjualan yang kuat dan logam kuning berhasil mempertahankan angka $1800 pada basis penutupan harian. Investor tetap khawatir bahwa varian Delta yang menyebar cepat dari virus corona dapat menggagalkan pemulihan ekonomi global. Hal ini, pada gilirannya, menyebabkan perubahan dalam sentimen risiko global, yang, bersama dengan penurunan imbal hasil obligasi AS, membantu logam kuning yang tidak berimbal hasil untuk mendapatkan kembali traksi positif pada hari pertama minggu perdagangan baru.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  5. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Analisis GBP/USD: Bulls Ambil Kendali Dengan Cepat Di Tengah Penurunan Kasus COVID di Inggris

    • Kombinasi faktor-faktor mendorong GBP/USD kembali di atas angka 1,3800 pada hari Senin.
    • Menurunnya tren dalam infeksi varian Delta di Inggris bertindak sebagai penarik untuk sterling.
    • Kelemahan USD berbasis luas tetap mendukung pergerakan ke puncak lebih dari satu minggu.
    Pasangan GBP/USD memperoleh traksi positif yang kuat pada hari Senin dan membangun pemantulan yang solid minggu lalu dari level terendah sejak awal bulan Februari. Momentum tersebut mendorong pasangan ke puncak lebih dari satu minggu, melampaui angka 1,3800 dan disponsori oleh kombinasi faktor-faktor. Dengan tidak adanya berita utama terkait Brexit, pound Inggris ternyata menjadi salah satu mata uang berkinerja terbaik dan didukung oleh menurunnya tren dalam infeksi varian Delta di Inggris. Faktanya, Inggris mencatat 24.950 kasus baru pada hari Senin, turun untuk hari keenam berturut-turut dan jauh di bawah 54.674 yang dicapai pada 17 Juli.

    Terlepas dari ini, pelemahan dolar AS berbasis luas memberikan dorongan tambahan untuk mata uang utama. Penyebaran COVID-19 yang sedang berlangsung di seluruh AS memicu kekhawatiran tentang pembatasan baru pada bisnis dan bertindak sebagai rintangan bagi greenback. Ini, bersama dengan penurunan tajam intraday dalam imbal hasil obligasi Treasury AS, semakin melemahkan USD. Namun, dorongan risk-on di pasar ekuitas AS memungkinkan imbal hasil obligasi AS untuk memulihkan posisi awal yang hilang. Faktanya, imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10 tahun naik kembali mendekati level acuan 1,30%, meskipun tidak banyak mengesankan bulls USD.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  6. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: Penembusan XAU/USD Akan Segera Terjadi, FOMC Ditunggu

    • Emas diuntungkan dari kegelisahan COVID-19, dorongan risk-off, USD yang lebih lemah, penurunan imbal hasil obligasi AS.
    • Sisi atas tampaknya terbatas karena fokus tetap pada keputusan kebijakan moneter FOMC terbaru.
    Emas bergerak di antara kenaikan yang suram/penurunan kecil dan akhirnya ditutup dengan kenaikan moderat pada hari Selasa, meskipun tetap di bawah angka kunci $1800 untuk sesi kedua berturut-turut. Sentimen risiko yang goyah dipandang sebagai salah satu faktor utama yang bertindak sebagai penarik untuk logam mulia safe-haven. Investor tetap khawatir tentang potensi kejatuhan ekonomi dari varian Delta yang menyebar cepat dari virus corona. Ini, bersama dengan tindakan keras peraturan Tiongkok pada sektor teknologi pendidikan, mengirimkan riak melalui pasar ekuitas global.

    Sementara itu, dolar AS diperdagangkan dengan bias yang lebih lemah dan memberikan beberapa dukungan tambahan untuk komoditas berdenominasi dolar. Greenback tertekan oleh penurunan tajam dalam imbal hasil obligasi Treasury AS dan data makro AS yang agak membosankan. Faktanya, berita utama Pesanan Barang Tahan Lama mencatat pertumbuhan 0,8% moderat di bulan Juni dibandingkan dengan 2,1% yang diantisipasi. Pesanan tidak termasuk barang transportasi juga jauh dari ekspektasi pasar dan naik 0,3% selama bulan yang dilaporkan. Ini membayangi revisi ke atas dari pembacaan bulan sebelumnya.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  7. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Tetap di Jalurnya untuk Menguji DMA-200, PDB AS Ditunggu

    • Harga emas memperpanjang tren naik tiga hari pada hari Kamis, memantau lebih banyak kenaikan.
    • The Fed yang dovish menyebabkan imbal hasil yang lebih lemah, DXY membantu harga emas melampaui $1800.
    • Harga emas terlihat menguji DMA 200 menjelang PDB Kuartal 2 AS yang kritis.
    Harga emas menemukan support kuat sekali lagi di dekat level $1792 dan memulai tren naik yang kuat pada hari Kamis, mencapai setinggi $1810 sebelum menetapkan hari di sekitar $1807. Pembeli emas mendapat dorongan yang sangat dibutuhkan dari pengumuman kebijakan moneter the Fed, yang sangat mengecewakan para hawk. The Fed mempertahankan pengaturan kebijakan moneternya dalam pertemuan Juli, sesuai dengan ekspektasi. Namun, Ketua the Fed Jerome Powell mengatakan bahwa bank sentral tidak terburu-buru untuk mulai membatalkan pembelian obligasi, karena pemulihan ekonomi pasca pandemi belum ada. Sikap dovish the Fed menghancurkan imbal hasil pemerintah dan menyeret dolar AS lebih rendah, menguntungkan harga emas. Logam mulia juga mendukung optimisme seputar kesepakatan stimulus infrastruktur AS, dengan Wall Street Journal (WSJ) melaporkan bahwa "para negosiator yakin, paket sekitar $1 triliun mereka telah mengunci cukup dukungan Partai Republik dan Demokrat untuk memajukan RUU pada hari Rabu malam." Sementara itu, lonjakan kasus virus corona yang sedang berlangsung secara global juga terus menjadi pertanda baik bagi emas safe-haven tradisional.

    Setelah keputusan the Fed, harga emas melanjutkan kenaikan baru-baru ini, berusaha untuk merebut kembali Moving Average (DMA) 200-hari yang kritis di $1821. Suasana pasar telah membaik di tengah pemulihan di saham Tingkok, karena People's Bank of China (PBOC) datang untuk menyelamatkan dan menenangkan saraf setelah kejatuhan baru-baru ini. Pemulihan sentimen risiko memberikan tekanan penurunan tambahan pada dolar AS, yang menanggung beban the Fed yang dovish. Pelemahan suku bunga AS dikombinasikan dengan kekhawatiran covid yang menjulang juga membuat emas tetap bertahan.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  8. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: XAU/USD akan Menguji $1850 di Tengah Pengaturan Teknis Bullish, PCE AS Diawasi

    • Harga emas mengkonsolidasikan sisi atas sebelum dorongan berikutnya yang lebih tinggi.
    • Risk-off yang disebabkan Covid menawarkan support terhadap dolar AS sementara imbal hasil melorot.
    • Harga emas mempertahankan DMA 200 menjelang inflasi PCE AS.
    Harga emas reli hampir $23 pada hari Kamis untuk mencapai level tertinggi sejak 15 Juli di $1732, karena bull mendapat dorongan baru setelah menembus Daily Moving Average (DMA)-200 di $1821. Harga emas menetapkan hari di $1828, jauh di atas DMA-200.

    Tren kenaikan harga emas yang diinduksi Fed yang dovish meningkat setelah Produk Domestik Bruto (PDB) Awal Kuartal 2 AS meleset dari perkiraan dengan 6,5%. Angka pertumbuhan AS yang suram menambahkan lebih lanjut ke tanda-tanda bahwa the Fed bisa menjauh dari pengumuman pengurangan dalam waktu dekat. Dolar AS mencapai posisi terendah baru bulanan di tengah sikap the Fed yang dovish dan data yang mengecewakan sementara mengabaikan pemulihan dalam imbal hasil Treasury, berdasarkan suasana pasar yang optimis dan optimisme stimulus infrastruktur AS. Senat AS tetap optimis pada prospek RUU infrastruktur bipartisan senilai $1 triliun yang didukung oleh Presiden Joe Biden, menawarkan dukungan untuk saham serta emas. Sementara itu, kekhawatiran yang mendasari covid juga berkolaborasi dengan sisi atas dalam safe-haven emas tradisional.

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  9. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan Harga Emas: XAU/USD Terlihat Rentan di Tengah Pengaturan Teknis Bearish, Jelang ISM

    • Harga emas memperpanjang kelemahan Jumat memulai bulan baru.
    • Dolar AS menahan kenaikan pemulihan baru-baru ini di tengah meningkatnya covid dan kekhawatiran Tiongkok.
    • Pengaturan teknis 4 jam emas menunjukkan risiko penurunan menjelang IMP ISM AS.
    Harga emas mengoreksi dari level tertinggi dua minggu di $1833 pada hari Jumat, karena dolar AS menghentikan tren turunnya yang disebabkan the Fed yang dovish dan pemulihan yang kuat di tengah suasana pasar yang suram. Penghindaran risiko terjadi dengan cepat setelah pendapatan Amazon yang mengecewakan dan strain covid Delta yang meluas secara global membuat pasar kewalahan, meningkatkan kekhawatiran atas pemulihan ekonomi dan, pada gilirannya, mengangkat daya tarik dolar safe-haven. Inflasi PCE Inti AS meleset dari ekspektasi dengan 3,5% pada bulan Juni, yang juga menambah suasana suram.

    Memulai bulan baru, harga emas mulai pulih, karena dolar AS mempertahankan kenaikan pemulihan baru-baru ini di tengah melonjaknya kasus covid pasifik-Asia. Sementara itu, penurunan aktivitas sektor manufaktur Tiongkok dan tindakan keras yang semakin intensif oleh regulator pasar negara itu juga membuat investor berhati-hati dan mencari mata uang AS. Namun, optimisme pada RUU belanja infrastruktur AS tampaknya menempatkan harga dasar di bawah harga emas (untuk saat ini).

    [​IMG]

    Baca Lebih Lanjut
     
  10. FXStreetIndonesia

    FXStreetIndonesia
    Expand Collapse
    Active Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    1,441
    Likes Received:
    0
    Perkiraan EUR/USD: Pembeli Ragu Tapi Tidak Menyerah

    [​IMG]

    Prospek teknis jangka pendek EUR/USD

    Pasangan EUR/USD netral-hingga-bullish dalam waktu dekat tetapi masih perlu menembus di atas level resistance 1,1920 untuk mengkonfirmasi pergerakan baru yang lebih tinggi. Grafik 4 jam menunjukkan bahwa harga terus melayang di sekitar SMA 20 yang agak bullish, yang naik di atas SMA yang lebih panjang. Namun, indikator teknis tidak memiliki kekuatan terarah, Momentum tertahan di garis tengahnya dan RSI di sekitar 59.

    Level Support: 1,1840 1,1790 1,1750

    Level Resistance: 1,1920 1,1960 1,2000

    Baca Lebih Lanjut
     

Share This Page